PERHATIAN!!!

SETIAP PANAS YANG DIALAMI YANG BERLANGSUNG LEBIH DARI 72 JAM (3 HARI), BAIK DISERTAI GEJALA/PENYAKIT LAIN MAUPUN TIDAK, WAJIB DICURIGAI DEMAM BERDARAH SAMPAI YAKIN KALAU TIDAK DEMAM BERDARAH.

SUATU KEKELIRUAN!!

PEMERIKSAAN “DEMAM BERDARAH” (dalam hal ini trombosit dan hematokrit) TIDAK DAPAT DILAKUKAN SEBELUM 72 JAM. KARENA sebelum 72 jam belum terjadi perdarahan, sehingga hasilnya masih negati (normal).

KEKELIRUAN YANG FATAL!!!

Penderita yang panas belum 72 jam, karena ortunya takut kena DB, akhirnya di laborat (trombosit dan hematokrit). Maka hasilnya normal. Kemudian dikatakan/disimpulkan penderita tidak terkena DB.

Setelah hari ke 3 (72 jam) dari awal panas, badan masih panas atau justru dingin sekali. Tetapi karena sudah dinyatakan tidak DB, pihak keluarga tidak curiga sama sekali.

Setelah hari ke 5 dari panas (apabila ternyata DB) maka sangat mungkin trombosit akan turun drastis alias sudah DSS (Syok). Apabila sampai hari ke 5 ini keluarga tiddak segera membawa ke RS, sangat dimungkinkan sulit untuk bisa tertolong.

Kesimpulan:

  1. tidak perlu pemeriksaan laborat darah (trombosit dan hematokrit) sebelum 72 jam dari panas , kecuali ada indikasi penyakit lain.
  2. ada pemeriksaan yang bisa mendeteksi virus dengue sejak hari pertama yaitu NS 1. Namun kami tidak merekomendasikan dengan alasan:
  • biaya sangat mahal
  • bila positif tidak menjamin menderita DBD (demam berdarah dengue), bisa jadi hanya demam dengue. perlu diketahui, tidak setiap orang yang dimasuki virus dengue akan menderita DBD, mungkin saja hanya demam dengue (tidak terjadi perdarahan) yang ini hanya seperti flu biasa atau justru tidak sakit bila daya tahan tubuhnya bagus.

Sekian semoga bermanfaat.

walloohu’alam