FAKTOR2 yang mempengaruhi Kesembuhan suatu Penyakit

1. Takdir Alloh سبحانه وتعالى. Untuk hal ini insyaAlloh sdh jelas.

2. Ketepatan Diagnosa. Ini adl gerbang utama menuju pengobatan yang tepat. Adapun ketepatan diagnosa dipengaruhi bbrp hal berikut:

*Pengetahuan seseorang terhadap penyakit. Semakin seseorang mengenal suatu gejala penykt ttt. Semakin besar ketepatan diagnosanya.

*Pengalaman seorang dokter/praktisi kesehatan sangat berpengaruh. Semakin lama dan semakin banyak seseorang bertemu dengan orang sakit, semakin mengenal ia akan gejala yang muncul dr suatu penyakit. Maka sering kita lihat dokter senior melihat orang yang datang kadang sdh tahu kemungkinan penyakit yang dideritanya.

*Kelengkapan dari keluhan yang disampaikan. Semakin lengkap keluhan yang disampaikan, makin tepat pula arah diagnosa. Tetapi seringkali pasien tidak merasa bhw sesuatu keadaan yang menimpanya termasuk dr gejala, maka dlm hal ini kepiawaian dokter/praktisi untuk mengorek keluhan sangat penting. Dan juga kejujuran dari pasien sangat ditekankan.

*Pemeriksaan penunjang. Untuk mendapatkan diagnosa pasti seringkali diperlukan pemeriksaan penunjang (laborat, rongen, EKG, EEG, dll). Namun ini sifatnya untuk penyakit yang perlu diagnosa pasti, seperti kecurigaan TBC, Demam berdarah, dll.

3. Pengobatan. Ketepan obat terhadap penyakit adl Salah satu Kunci dr penyembuhan penyakit. Namun pengobatan sebetulnya lbh mudah drpd penegakan diagnosa. Karena bisa dibuka di buku-buku yang ada. Bbrp hal yang berpengaruh terhadap pengobatan adl :
*Kesesuaian antara obat dengan penyakitnya.
*Sensitifitas obat terhadap penyakit yang diderita.
*Dosis obat yang sesuai dengan Brt bdn dan umur penderita
*Faktor Alergi terhadap obat.
*Kepatuhan pasien dlm minum obat
*Dll

4. Kondisi psikologis Pasien, yang secara grs besar:

*Kondisi psikologis yang mendasari munculnya penyakit. Banyak penyakit2 yang muncul akibat psikologis pasien yang buruk (baik secara lgsg maupun sebagai pencetus saja). Bila kondisi psikologis tsb msh mendominasi maka cukup sulit untuk mencapai kesembuhan. Sehingga kadang2 dengan menjauhkan/menyingkirkan pasien dari kondisi psikologis yang menggnggunya sangat membantu penyembuhan.

*Kepercayaan pasien terhadap dokter yang menangani. Hal ini sangat penting mengingat hal berikut:
a. Bila pasien sangat percaya dengan dokternya, maka dia akan menceritakan seluruh keluhan dengan jujur. Hal ini akan memudahkan untuk menegakkan diagnosa;
b. Bila pasien sdh sangat percaya dengan dokternya, maka hal tersebut secara psikis tlh memunculkan sugesti menuju kesembuhan. Bila kurang yakin dengan dokternya, hal ini dapat mengurangi proses kesembuhan, bhkn dapat mempengaruhi kepatuhan minum obat.

5. Pola hidup dari pasien. Hal ini meliputi; pola makan, pekerjaan, olahraga, ibadah, dll. Sebagai misal perokok, pemabuk, suka begadang, suka makanan berlemak tinggi dll.

6. Dll.

Demikian beberapa hal yang mempengaruhi kesembuhan suatu penyakit.
Walaupun kami paparkan secara singkat mdh2an dapat difahami.
Walloohua’lam

Oleh: dr. Mochamad Syamsul Muin